Tuesday, January 27, 2009

. aku bingung aku .

Rasanya aku ingin segera melayang ke alam antah berantah .
Berharap sampai pada tempat terindah, taman pelangi .
Memberi ruang pada ruh untuk sementara pergi meninggalkan jasad .

Lelah, penat .
Resah, berat .
Aku bingung aku .
Aku bingung .
Bingung aku .

Mo tidur aja rasanya kug ada yang janggal .ngganjel, kata orang jawa .
Akhirnya, aku melarikan diri untuk nulis diary online ini .
Capek, pengin tidur, tapi susah .
Pokoknya aku harus curhat dulu, baru bisa sedikit lebih lega .

Lalu apa yang aku bingungkan ??
Hikshiks ...
Ini masalah penjurusan kawan-kawan ..

Sejak SD kelas V, aku mulai kecanduan baca novel .
Untuk pertama kalinya aku beli novel remaja, atas inisiatif sendiri .
Judulnya Serpihan Hati buah karya Pipiet Senja .
Karena novel itu pula, aku punya cita-cita yg begitu mantap .
Tak tergoyah .hingga saat ini .
Aku ingin jadi psikolog-psikiatri !!!

Tapi kebingungan ini teramat hebat melandaku !
Untuk jadi psikolog-psikiatri, banyak mahasiswa jurusan psikologi yg menyarankan, sebaiknya aku masuk jurusan IPA, agar lebih mudah saat mempelajari serta mendalami psikologi faal -aku sendiri belum begitu mengerti tentang segala tetek bengek jurusan psikologi- .
Semua menyarankan jurusan IPA jika ingin menjadi psikolog-psikiatri .

Sedangkan keinginanku sendiri ??
Entahlah .
Aku suka biologi .
Aku ingin masuk IPA .
Tapi, karena adaptasiku di SMA yg tersendat-sendat ini, nilai-nilai MIPA ku terlalu ngepress !kecuali biologi tentunya .
Fisika, kimia, matematika ....
Arggghhh ..
Mengejar pun seakan sudah terlalu jauh .
Karena aku sering 'mbolos' .

Aku juga ingin masuk IPS .
Karena semua kakak kelas yg aku kenal di IPS jauh lebih menyenangkan dan asyik daripada kakak kelas di IPA .
Kakak kandungku sendiri juga anak IPS .
Semua orang menarik yg kukenal adalah anak IPS .
Anak-anak IPS unik, menurutku .
IPS juga lebih mudah dikejar, karena mengandalkan 'asal suka baca' .
Test-test IPS pun enak, gag perlu banyak menghitung .
-aku akui aku lambat dalam menghitung- .
Dan kata seorang guruku, aku terlalu berjiwa sosial .
"Ah, tenane ?"

Jika dirunut dari test IQ kemarin yg hasilnya cukup memuaskan .
Aku inget bgt, waktu itu aku nulis minatku di IPA .
Sedangkan hasil test ditulis, aku lebih minat di IPS !
Hmm . . . . . . . . . . . . . . . . .
Tapi anjuran masuk jurusannya, IPA .
Walo hanya lebih unggul 1 angka .
Sedang anjuran fakultasnya :
Fak. Farmasi-psikologi-biologi .

huuuuftth ,,
aku makin pening saja memikirkan ini semua .

Solusi dari sahabat akan sangat membantu saya .
Terima kasih sebelumnya . .

15 comments:

  1. gak terlalu sulit menentukan keinginan, kuncinya adalah keyakinan dan strategis boleh juga idealisme turut serta, cuman dibatasi dulu. karena apa yang didepan itu tidak serta merta selesai dengan idealisme wkwkwkkwkwkwwk nyambung gak sih???

    tabiek
    senoaji

    ReplyDelete
  2. Hmm.. Kalo menurut saya niy.. (saya sendiri dulu IPA, tapi kalo boleh ngulang mendingan IPS deh!), mendingan IPS, wahahahaa... YAQIN saya kamu pasti te-o-pe banget kalo masuk IPS, knapa siy musti Psi-Psik? Psi-Sosio, atau Sosio-Psi itu lebih menarik loh, sungguh deh, dan kalo liat dari tulisan2 kamu kayaknya km cocokan Sosio-Psikologi loh (^^,)

    Kalau masuk IPA bisa juga tapi ga menikmati huh banget tuh nantinya. Atau, kalau memang niat Psi-Psik dan karena itu teuteup ke IPA, satu2nya cara adalah: KONSENTRASI, FOKUS, belajar dan belajar sungguh2 untuk mencapai tujuan yaitu Psi-Psikiatrik. Kalau memang sangat menginginkan sesuatu raih dengan segala kekuatan dan kemampuan, kamu pasti bisa (^_^) Namun tentu saja harus berjuang lebih kuat dan sepenuh hati. Jangan malu bersungguh2 mengerjakan sesuatu, sebab itu masa depan kamu, dan ketika kamu sampai di tempat yg kamu inginkan tsb. maka segala sesuatu akan terasa sangat manis!

    Hayooo SEMANGAT! Jangan bingung terlalu lama ya, pokoknya kerjakan segala sesuatu dengan sepenuh hati, sepenuh kekuatan dan fokus.

    ReplyDelete
  3. pilihan

    pil = obat
    il=ill= sakit
    pili = usus
    li = marga = china
    Lih = pilih
    liha = lihai disingkat
    han = hand / tangan
    an = anonymous

    obat sakit bingung yang sampai menjerat ususmu hingga pikiranmu sejauh memikirkan cina adalah dengan memilih yang paling kamu lihai di dalamnya, lalu tengadahkan tanganmu pada Allah sebab kita hanya Anonymous dalam hidup ini.

    (kamus dekonstruksi kata karya Umar Syahafif./.. he he he)

    ReplyDelete
  4. dulu saya dimasukin ke jurusan IPA krn nilai2 kimia dan biologi bagus bgt. tapi saya mati kutu di matematika dan fisika. akhirnya, sesuai cita2 menjadi SH, saya pilih IPS.

    Dan saya tidak menyesali. So, ikuti saja apa kata hatimu.

    Mana yg kau sukai dan membuatmu happy.

    ReplyDelete
  5. bingung ya..

    cuma mo ngasih saran..
    IPA bisa masuk dunia IPS, tapi IPS sulit untuk bisa masuk Dunia IPA.

    Jadi terserah sekarang pilih yang mana.. sennang saat ini atau nanti ^_^

    keep smile..

    ReplyDelete
  6. Lebih enak IPA Aja...
    kan Ipa ilmu Pasti..

    ReplyDelete
  7. @ . senoaji .
    Hhe, paham gag paham saya mah .but, nuhun mas ..

    @ . G .
    Makasih bgt buu !he.eh bgt deh ..aku gag boleh bingung lama^, pokoknya fokus !hhe .

    @ . sahlafif .
    Waw, seru !keren juga tuh .iap, serahkan semua pada yg di atas setelah kita berusaha .

    @ . fatamorgana .
    'Mana yg kau sukai dan membuatmu happy.' lagi dicari nih mbak ..

    @ . templates .
    'senang saat ini atau nanti' .gag pengen semua, pengennya, senang saat ini dan nanti .wkwkkwkwk .

    @ . indra gunawan .
    moshi^ .'O-genki desu ka??' gag ngerti jawab apa, artinya aja kagak tau jugag .hhe .hmm, emang ilmu pasti, tapi semangat saya yg gag pasti .hhe .

    ReplyDelete
  8. Trus akhirnya milih IPA ato IPS?

    ReplyDelete
  9. aq bngung bgt malem nie,,, aq g tw mesti blng ap n mw gmn,,, aq cuma pngen bwt cyankq caya ma aq. tp kok kykx beeeraaaaaat bgt...

    mungkin aq ad di posisi yg salah,..
    aq jg g tw ap yg di rasakan ma cyankq, tp tebakkanq dy pzt sakit hati,,,

    seandaix aq pnya keberanian bwt ungkapin muax pd mua org di dunia...
    pzt aq akan brkata dg ju2r, klo aq sngt cyank pdx...

    mengapa yank??

    ReplyDelete
  10. mrinding khad baca tulisan ini :)
    Alhamdulilah , udah di UGM-psikologi yaa :) :)
    jalannya gamapang pula :)
    doain aku ya khad :)
    #limbah pabrik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wehehe, nyampe sini juga mba? :D
      iya nih, alhamdulillah banget :)
      mari saling mendoakan :")

      Delete
  11. ternyata hidup itu lebih kejam dari kematian

    sebut saja uyo.

    ReplyDelete

mari menjadi tamu istimewa dengan meninggalkan kesan